Senin, 15 Oktober 2012

Magnet

A. MAGNET

Magnet atau magnit adalah suatu obyek yang mempunyai suatu medan magnet. Kata magnet (magnit) berasal dari bahasa Yunani magnítis líthos yang berarti batu Magnesia. Magnesia adalah nama sebuah wilayah di Yunani pada masa lalu yang kini bernama Manisa (sekarang berada di wilayah Turki) di mana terkandung batu magnet yang ditemukan sejak zaman dulu di wilayah tersebut.




       
 Pola medan magnet pada pasir besi yang ditaburkan diatas kertas.

 Magnet selalu memiliki dua kutub yaitu: kutub utara (north/ N) dan kutub selatan (south/ S). Walaupun magnet itu dipotong-potong, potongan magnet kecil tersebut akan tetap memiliki dua kutub.

Satuan intensitas magnet menurut sistem metrik pada Satuan Internasional (SI) adalah Tesla dan SI unit untuk total fluks magnetika adalah weber. 1 weber/m^2 = 1 tesla, yang memengaruhi satu meter persegi.

- Magnet dibedakan menjadi 2 (dua) .
  yaitu : Magnet Alam dan Magnet buatan...

B. CARA MEMBUAT MAGNET

1.Menggosok (searah)
2.induksi (pendekatan)
3.elektromagnetik (kumparan atau lilitan)

Bahan yang biasa dijadikan magnet adalah. Besi lebih mudah untuk dijadikan magnet daripada baja. Tapi sifat kemagnetan besi lebih mudah hilang daripada baja. Oleh sebab itu, besi lebih sering digunakan untuk membuat elektromagnet.

C.  Menghilangkan sifat kemagnetan

 Cara menghilangkan sifat kemagnetan antara lain:
  • Dibakar.
  • Dibanting-banting.
  • Dipukul-pukul.
  • Magnet diletakkan pada solenoida (kumparan kawat berbentuk tabung panjang dengan lilitan yang sangat rapat) dan dialiri arus listrik bolak-balik (AC)
 D. BENTUK-BENTUK MAGNET DASAR

  Bentuk-bentuk magnet dasar ada 4 (empat)

1.Magnet batang bentuknya seperti batang.
2.Magnet silinder bentuknya sperti tabung.
3.Magnet ladam bentuknya seperti tapal kuda atau U.
4.Magnet jarum bentuknya meruncing seperti jarum.

E. PENGERTIAN MEDAN MAGNET
  
Medan magnet adalah ruang disekitar magnet yang masih dipengaruhi oleh gaya magnet.
     Dalam ilmu Fisika medan magnet, adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakan muatan listrik (arus listrik) yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya. (Putaran mekanika kuantum dari satu partikel membentuk medan magnet dan putaran itu dipengaruhi oleh dirinya sendiri seperti arus listrik; inilah yang menyebabkan medan magnet dari ferromagnet "permanen"). Sebuah medan magnet adalah medan vektor: yaitu berhubungan dengan setiap titik dalam ruang vektor yang dapat berubah menurut waktu. Arah dari medan ini adalah seimbang dengan arah jarum kompas yang diletakkan di dalam medan tersebut.
  



0 komentar:

Posting Komentar