Senin, 29 Oktober 2012

Mark Elliot Zuckerberg Si penemu facebook


 

Mark Elliot Zuckerberg lahir di White Plains New York pada tanggal 14 Mei 1984 dan kemudian dibesarkan di Dobbs Ferry masih di kawasan New York AS. Sejak kecil sudah tertarik dengan bidang pemograman komputer, di usia 12 tahun Mark kecil telah menciptakan program massaging sederhana yang digunakan di rumah oleh keluarganya untuk saling berhubungan bahkan digunakan juga di kantor ayahnya yang seorang dokter gigi, sehingga resepsionis tidak perlu berteriak-teriak memanggil jika ada pasien datang. Selain itu ia juga bersama teman-temannya pernah membuat game berdasarkan keahliannya itu.

Semasa kuliah di Harvard Mark dan teman-temannya pernah terancam D.O karena berhasil menembus system keamanan jaringan komputer kampus dan meng-copy secara ilegal ratusan foto mahasiswa yang ia susun secara berdampingan di situs yang ia beri nama facemash setahun sebelum diluncurkannya facebook, di situs ini para pengguna diminta untuk memilih siapa yang lebih menarik diantara dua foto yang ia tampilkan pada setiap halaman situs tersebut, akan tetapi akhirnya pihak kampus memaafkannya dengan syarat Mark dan teman-temanya harus menutup situs tersebut.


Sejarah berdirinya facebook
             Berawal dari kamar asramanya di Harvard, Zuckerberg bersama beberapa temannya meluncurkan situs pertemanan ini pada tanggal 4 Februari 2004, sedangkan nama facebook diambil dari direktori alumni Phillips Exeter Academy yang pernah mereka buat, yaitu semacam buku kelulusan atau buku angkatan kalau dikita, yang berisi nama, alamat, nomor telepon termasuk photo serta identitas lainnya yang dapat diakses oleh anggotanya secara online, dan para siswa menyebutnya “The facebook” itulah cikal bakal terbentuknya situs jejaring social yang kini penggunanya mencapai 600 juta lebih di seluruh dunia.



 Milyarder muda yang sederhana dan bersahaja

Dalam bulan pertama facebook telah menjaring tak kurang dari setengah mahasiswa Harvard. Pada awalnya facebook diciptakan ekslusif untuk mahasiswa Harvard akan tetapi lama-lama diperluas ke kampus-kampus lain, sekolah menengah bahkan ke kantor-kantor hingga pada September 2006 facebook resmi dibuka untuk umum usia 13 tahun keatas.

Facebook berkembang menjadi situs paling popular mengalahkan situs serupa MySpace bahkan menyaingi raksasa search engine seperti Google dan Yahoo, dengan jumlah pengunjung jutaan perbulan. Di Indonesia jumlah pengguna facebook mencapai 24 juta atau sekitar 10 persen dari total penduduk Indonesia dan menempati urutan terbesar kedua setelah Amerika Serikat.

Kini facebook mempekerjakan lebih kurang 1.700 karyawan yang tersebar di 12 kantor cabang di seuruh dunia, sayang kantornya belum ada di Indonesia. Sumber pendapatan facebook seluruhnya dari penayangan iklan, raja software Microsoft adalah pengiklan utama facebook.

Semenjak facebook booming di Indonesia
             banyak yang kemudian meninggalkan account friendsternya dan berganti menggunakan facebook. Situs ini mampu menjadi simol atau lambang gaul masyarakat modern. Dengan tingkat pertumbuhan sebesar 645% pada tahun 2008 dan Indonesia menjadi Negara Asia Tenggara dengan tingkat pertumbuhan penduduk tercepat di facebook. Lebih hebat lagi, 831 ribu orang Indonesia yang ada di facebook ternyata baru mewakili 0,4% dari jumlah total penduduk Indnesia. Pad atahun 2007, didapati penambahan lebih ari 200 ribu account baru per harinya. Lebih dari 25 juta user pengguna aktif facebook. Rata-rata user menghabiskan waktu mulai 19-60 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di facebook.

0 komentar:

Posting Komentar